UAS, antara NILAI dan PROSES

Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2 minggu ini sedang dihadapkan sebuah proyek terjadwal per semester, Ujian Akhir Semester. Dimana, universitas mengharapkan mampu menggunakan moment terbaik ini dalam menginput “hasil” pembelajaran yang telah dilakukan 1 semester silam.

Harapan mungkin selalu baik dan bersifat positif, namun tak semua harapan berjalan selangkah demi selangkah menuju kebaikan itu. Ajang yang seharusnya digunakan mahasiswa untuk mengukur kemampuan terbaiknya selama 1 semester, moment yang diharapkan mampu menhadirkan output nilai yang maksimal dari mahasiswa, itu hanyalah MIMPI.

Kenyataannya mahasiswa hanya menjadikan UAS sebagai moment untuk memperoleh A,B,C, atau D. Di sisi lain, mahasiswa juga memprioritaskan UAS sebagai ajang pengganti nilai (-) karena bolos kuliah. Bagaimana tidak, mahasiswa yang kuliahnya hanya urun jeneng (nitip tanda tangan) saja bisa mendapat nilai akhir A, jika UAS dan UTS nya dapat mengerjakan.

Adanya soal tahun-tahun sebelumnya yang diterbitkan organisasi jurusan juga menjadi senjata utama mahasiswa si urun jeneng itu. Keluaran soal yang hampir semua menyamai konsep tahun sebelumnya, membuat mereka enggan beranjak ke soal lain.

So, langkah apa yang harus dilaksanakan untuk menhindari dan paling tidak mengurangi adanya hal tersebut. Penulis mencoba memberikan inspirasi terbaiknya walaupun saya yakin hampir seluruh mahasiswa mengatakan penulis adalah munafik.

1. Hilangkan kebiasaan absen tanda-tangan pada perkuliahan.

2. Setelah ujian, soal di tarik kembali oleh universitas.

3. Perbaiki kualitas dosen.

 

KRITIKUS TERBAIK PUNYA SEGUDANG SOLUSI DARI BERBAGAI PERMASALAHAN

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s