Linux Programmer manual CPUSET

cpuset – proses membatasi ke node prosesor dan memori himpunan bagian Sistem file cpuset adalah pseudo-file sistem antarmuka untuk mekanisme cpuset kernel, yang digunakan untuk mengontrol penempatan prosesor dan penempatan memori proses. Hal ini biasanya mount di / dev / cpuset.
 dibangun untuk mendukung cpusets, semua proses melekat pada cpuset, dan cpusets selalu hadir. Jika sistem mendukung cpusets, maka akan memiliki cpuset masuk nodev dalam proc file / / filesystem. Dengan me-mount sistem file cpuset (lihat Contoh di bawah), administrator dapat mengkonfigurasi cpusets pada sistem untuk mengontrol prosesor dan penempatan memori dari proses pada sistem tersebut. Secara default, jika konfigurasi cpuset pada sebuah sistem tidak diubah atau jika sistem file cpuset bahkan tidak terpasang, maka mekanisme cpuset, meskipun ini, tidak mempengaruhi pada perilaku sistem.
Cpuset Sebuah mendefinisikan daftar CPU dan node memori. CPU dari suatu sistem mencakup semua unit pengolahan yang logis suatu proses dapat mengeksekusi, termasuk, jika ada, beberapa core prosesor dalam paket dan Hyper-Thread dalam inti prosesor. Node memori termasuk semua bank yang berbeda dari memori utama, sistem kecil dan SMP biasanya memiliki hanya satu node memori yang berisi semua memori utama sistem, sementara sistem NUMA (non-seragam akses memori) memiliki node memori ganda.
Cpusets direpresentasikan sebagai direktori dalam sistem pseudo-file hirarki, di mana direktori teratas dalam hirarki (/ dev / cpuset) merupakan keseluruhan sistem (semua CPU online dan node memori) dan setiap cpuset yang anak (keturunan) dari yang lain cpuset induk berisi subset dari CPU yang orangtua dan node memori. Direktori dan file biasa yang mewakili cpusets memiliki file sistem perizinan.
Setiap proses dalam sistem milik tepat satu cpuset. Sebuah proses hanya terbatas pada berjalan di CPU dalam cpuset itu milik, dan untuk mengalokasikan memori hanya pada node memori di cpuset itu. Ketika sebuah proses garpu (2) s, proses anak ditempatkan di cpuset sama dengan induknya. Dengan hak istimewa yang cukup, proses dapat dipindahkan dari satu ke yang lain cpuset dan diizinkan CPU dan memori dari sebuah node cpuset yang ada dapat diubah.
Ketika sistem melakukan boot, sebuah cpuset tunggal didefinisikan yang mencakup semua node CPU dan memori pada sistem, dan semua proses berada dalam cpuset itu. Selama proses boot, atau kemudian selama operasi sistem normal, cpusets lain dapat dibuat, sebagai subdirektori ini cpuset atas, di bawah kendali administrator sistem, dan proses dapat ditempatkan dalam cpusets lainnya.       Cpusets terintegrasi dengan mekanisme (2) penjadwalan sched_setaffinity afinitas dan mbind (2) dan set_mempolicy (2) memori-penempatan mekanisme kernel. Baik dari mekanisme ini biarkan proses menggunakan CPU atau memori node yang tidak diperbolehkan oleh cpuset bahwa proses itu. Jika perubahan konflik penempatan cpuset proses dengan mekanisme lain, maka penempatan cpuset diberlakukan bahkan jika itu berarti mengesampingkan mekanisme lainnya. Kernel menyelesaikan ini dengan diam-diam utama membatasi node CPU dan memori yang diminta oleh mekanisme lain untuk yang diizinkan oleh cpuset proses invoking itu. Hal ini dapat mengakibatkan panggilan ini lain kembali kesalahan, jika misalnya, seperti panggilan berakhir meminta set kosong node CPU atau memori, setelah permintaan yang dibatasi untuk proses invoking yangcpuset.       Biasanya, cpuset yang digunakan untuk mengelola kurungan CPU dan memori-node untuk serangkaian proses kerja sama seperti pekerjaan scheduler batch, dan mekanisme lain digunakan untuk mengelola penempatan proses individual atau daerah memori dalam rangkaian atau pekerjaan.

chek this out KLIK!.

2 thoughts on “Linux Programmer manual CPUSET

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s