Ice Cream Sandwich, Screenshot tanpa rooting

Screenshot_2012-12-17-10-03-20

screen capturing without rooting

Pagi ini ada yang mengagetkanku, di sela sarapan pagi. Entah apa yang saya lakukan dengan Androidku, eh tau-tau speaker ponselku ini mengelurkan bunyi seperti camera yang sedang meng-capture object.

Setelah kucari-cari, ternyata ada hasil capturing-nya juga di “media” tapi bukan dari hasil jepretan kamera melainkan hasil capture screen/screenshot. Pertanyaannya adalah bagaimana kejadian itu bisa terjadi, padahal tak satupun aplikasi tentang screen capturing terinstal di androidku.

Mulailah bertanya pada eyang, Google. Ponsel Android memang berbeda dengan komputer atau perangkat lain seperti iPad atau BlackBerry PlayBook. Kalau PC hanya dengan menekan tekan tombol printscreen di keyboard, kalau iPad dengan menekan tombol home+power button barengan, kalau playbook tekan tombol volume up+volume down secara bersamaan.

Sejauh pencarian saya di https://play.google.com/ , menyediakan aplikasi yang bernama EclipseShoot Me, Screenshot, atau Drocap2. Denger-denger sih karena masalah keamanan, jadi Google masih belum mengijinkan untuk Androidnya. Tetapi sayangnya semua aplikasi screen capturing pada Android harus melewati proses rooting terlebih dahulu. Tidak seperti BlackBerry dengan aplikasinya Munched  Screen yang tinggal download lalu bisa dipakai.

Beberapa sumber menyebutkan bahwa untuk di Android dengan Ice Cream Sandwich (ISC) telah menyediakan fasilitas screen capturing dengan hanya menekan tombol power dan volume down (tombol pengecil volume) secara bersamaan. Dan mungkin itu tadi yang membuat androidku bertingkah tak wajar. Tapi di sisi lain, ada ilmu baru yang kudapatkan dari kejadian tadi.

Screenshot tanpa rooting

Screenshot tanpa rooting

Screenshot Android

Screenshot Android Tanpa Rooting

Sources:

http://androidforums.com

3 thoughts on “Ice Cream Sandwich, Screenshot tanpa rooting

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s