Seberapa Sombong diri Anda?

sombong1Ya, pernahkan Anda menceritakan sedikit saja pencapaian Anda saat ini, di bidang perkulahan, bisnis, ataupun dalam beramal? Pernahkah Anda berungkap, “IPK ku sedikit kog, cuma 3,87″, di sela candaan dengan kawan Anda? Atau berucap “Saya kemarin baru aja pergi ke panti Asuhan, bla bla bla….” Atau updating status di media sosial setipe dengan 2 keadaan di atas?  kalau tidak pernah, saya sering. Hehehehe.

Terlepas di dalam diri Anda menganggap hanya sebuah celotehan tak bermakna, maka keberadaan setitik kesombongan di diri Anda harus Anda telaah dan cari sendiri. Begitu pentingnya sifat ini untuk di minimalkan, atau bahkan dihilangkan sampai-sampai diriwayatkan oleh HR Muslim dalam Shahih-nya, Kitabul Iman, Bab: Tahrimul Kibri wa Bayanuhu

لاَ يَدْخُلُ النَّارَ مَنْ كَانَ فِي قَلْبِهِ مِثْقَالُ ذَرَّةٍ مِنْ إِيْمَانٍ وَلاَ يَدْخُلُ الْجَنَّةَ مَنْ كَانَ فِي قَلْبِهِ مِثْقَالُ ذَرَّةٍ مِنْ كِبْرٍ

Tidak akan masuk neraka seseorang yang di dalam hatinya ada sebesar biji sawi dari keimanan dan tidak akan masuk surga orang yang di dalam hatinya ada sebesar biji sawi dari kesombongan.Nah lhoooo, masak ga masuk surga gara-gara 6 huruf, SOMBONG. Beberapa minggu ini saya obrak-abrik 2 book store ternama di Jogja dan Solo, untuk mendapatkan pencerahan tentang sifat ini. Tak ada satupun buku yang kutemukan dengan pembahasannya itu. Begitu tertariknya saya tentang sifat ini karena saya memang banyak sifat sombongnya.

sombong (1)Di sisi lain sebagai lawan bicara, khuznudzon (berprasangka baik) adalah penangkis keberadaan kesombongan itu. Apapun yang mereka lakukan ataupun mereka ungkapkan tentang keberhasilan ataupun pencapaiannya di segala bidang, mari cerna dengan baik. Jika ada kawan bicara Anda bicara “I-phone ku 5 biji, BB ku 2 semua ga kepakai di rumah”, maka berpikirlah banyak kemungkinan bahwa dia tidak bernia sombong pada Anda, mungkin dia bilang begitu karena ingin meminjamkannya kepada Anda karena dia tau ponsel Anda ponsel jadul berbunyi tat-tit-tut. Atau “Loe jadi kuliah dimana? Gue ketrima di Amrik looh” berpikir aja bahwa dia bilang begitu karena suatu saat dia akan mengajak Anda berlibur di tempat kuliah-nya.

Yaaa, begitu manis jika semua keharmonisan itu terjadi. Ketika panasnya api gas dan dinginnya air bertemu mewujudkan kahangatan. Semua tinggal bagaimana kita menyikapi, saya pun juga masih terlalu buruk untuk men-judge seseorang bersalah ataupun menasehati dengan hal-hal yang saya saja belum bisa melakukannya.

–Terlintas di saat takut segala hal yang saya lakukan terdapat setitik kesombongan di dalamnya–

2 thoughts on “Seberapa Sombong diri Anda?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s