Goal!!! Demba Ba prostrated, said Alhamdulillah.

demba-ba-sedang-bersujud-_130401214621-501Yup, selesai sudah Big Replay Match antara Chelsea vs. Manchaster United. Laga sebelumnya yang digelar di Old Trafford, Chelsea berhasil menahan gempuran setan merah 2-2 setelah sebelumnya tertinggal 2 gol di babak pertama. Hari ini Chelsea menang dengan gol pemain muslim Demba Ba.

Selepas golnya ke gawang Manchaster United, Ba selebrasi dengan menuju ke sudut lapangan dan bersujud syukur. Dia berucap Alhamdulillah. Selebrasi itu telah selalu dilakukannya setiap seusai mencetak gol bahkan sebelum dia berhijrah ke klub London utara itu.

Sujud SyukurKetika mendapatkan nikmat atau selamat dari bencana, kita disunnahkan melakukan sujud syukur. Dan sujud ini harus dilakukan di luar shalat. Dari Abu Bakrah disebutkan bahwa, apabila mendapatkan sesuatu yang menyenangkan, atau dikabarkan sesuatu yang menggembirakan, Nabi SAW melakukan sujud untuk bersyukur kepada Allah. Hadits ini diriwayatkan oleh Abu Daud dan At-Tirmidzi.

sujud-syukur-1

Syarat-Syarat  Sujud Syukur

Imam Shan’ani menyatakan setelah membawakan hadits-hadits masalah sujud syukur di atas : “Tidak ada pada hadits-hadits tentang hal ini yang menunjukkan adanya syarat wudlu dan sucinya pakaian dan tempat.”

Imam Yahya dan Abu Thayib juga berpendapat demikian. Adapun Abul ‘Abbas, Al Muayyid Billah, An Nakha’i, dan sebagian pengikut Syafi’i berpendapat bahwa syarat sujud syukur adalah seperti disyaratkannya shalat.

Imam Yahya mengatakan pula : “Tidak ada sujud syukur dalam shalat walaupun satu pendapat pun.”

Abu Thayib tidak mensyaratkan menghadap kiblat ketika sujud ini. (Lihat Nailul Authar, juz 3 halaman 106)

Imam Syaukani membenarkan bahwa dalam sujud syukur tidak disyaratkan wudlu, suci pakaian dan tempat, juga tidak disyaratkan adanya takbir dan menghadap kiblat. Wallahu A’lam. Semoga bermanfaat.

http://www.citraislam.com/tat-cara-sujud-syukur/

2 thoughts on “Goal!!! Demba Ba prostrated, said Alhamdulillah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s