BERMATEMATIKA DENGAN BAHASA INGGRIS

LANGUAGE ENHANCEMENT IN TEACHING MATHEMATIC

mengajar matematikaPagi ini berbeda dengan hari-hari sebelumnya setelah UTS di kampus UGM, berganti pekan menghadiri tugas Negara ngawas ujian di UMS. Berbeda dengan 2 hari sebelumnya-pengawas, pagi ini saya menghadiri semacam pelatihan untuk dosen mengenai bagaimana berbahasa Inggris matematika yang benar. Kenapa saya sebut berbahasa Inggris matematika?

Putusan pemerintah mengenai penyelenggaraan RSBI di jenjang pendidikan Indonesia menggugah prodi ini mendirikan sebuah program khusus perkuliahan untuk mahasiswa yang nantinya ketika lulus akan sangat bisa mengajar matematika di sekolah RSBI (upssss!! sudah tinggal kenangan). Banyak kompetensi dosen yang harus dipenuhi untuk mengajar di program ini, salah satunya adalah berbahasa Inggris yang baik dan benar.

Inggrisnya Matematika

Tentu berbeda bahasa Inggris yang biasa kita pakai saat percakapan harian dengan bahasa inggris-nya matematika. Contoh simpelnya adalah ketika kita menyebutkan an = b dengan bahasa Indonesia akan sangat mudah karena memang bahasa kita. Lain halnya dengan bahasa inggris, pernyataan di atas akan dibaca  a to the power of n equals b . Permasalahan yang terjadi adalah jika pernyataan tersebut tidak terlihat sebelumya, seperti ketika olimpiade matematika kadang pembacaan untuk soal dilakukan dengan peserta tanpa mengetahui pernyataannya. Peserta hanya mengerjakan soal yang telah dibacakan oleh pembaca soal.

Mengingat pentingnya pengetahuan tersebut untuk dosen dan guru yang mungkin akan membimbing siswa untuk mengikuti olimpiade maka acara LANGUAGE ENHANCEMENT IN TEACHING MATHEMATIC diadakan. Dua nara sumber yang hadir yaitu Drs. Syakuri, M. Pd. dan Idris Harta, Ph. D. menyampaikan masing-masing berbeda. Drs. Syakuri yang didatangkan dari LC (Language Centre) UMS memberikan materi mengenai bagaimana cara berbicara di depan kelas, teknik-teknik yang dipakai saat mengajar. Sementara Idris Harta, Ph. D. lebih ke pendeklarasian pernyataan matematika tersebut dalam bahasa Inggris.

Di bawah adalah tulisan yang tercoret di catatanku pagi ini mengenai pendeklarasian operator ataupun pernyataan matematika dalam bahasa inggris. Semoga Bermanfaat

membaca rumus matematika

membaca rumus matematika

Sebenarnya banyak tersedia di internet tentang istilah ataupun bagaimana cara mendeklarasikan sebuah pernyataan matematika dalam bahasa inggris. Mungkin karena banyak dari kita yang tidak memerlukan hal ini, tapi tak ada salahnya kita mengetahuinya. Nah, sekarang untuk latihan… Statement di bawah ini bagaimana pendeklarasiannya dalam bahasa Inggris. Tugas dikumpulkan via email paling lambat minggu depan ya!

matematika

2 thoughts on “BERMATEMATIKA DENGAN BAHASA INGGRIS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s