Tahu Pertama di Indonesia

tahu sumedangKali ini, tulisanku mengenai TAHU. Makanan yang terbuat dari kacang kedelai ini memikat perhatianku saat disajikan berbeda di jalan, depan kampus Sanata Darma III, Jogja. Tidak seperti tahu biasanya, tahu ini disajikan dengan rasa pedas sebagai pilihan utamanya. Dijual semacam tahu goreng tepung biasa tapi tahu ini digoreng dengan tepung yang telah diolah dengan menggunakan resep rahasia dari Tuan Takhu (katanya di http://kuch2hotahu.com/). Kalau pengen beli sendiri ya…

Kita lupakan sejenak produk di atas. Mari kita gali ilmu yang ada di balik tahu. Simple aja, sebenarnya dimana sih tahu di Indonesia ini tercipta pertama kali? Karena mungkin kita sering mendengar tahu Sumedang atau tahu Gejrot, Sumedang ataukah Gejrot? Ooooh, ternyata setelah kucari-cari gejrot bukanlah nama tempat melainkan proses dalam memasak si tahu ini. So, tersisa satu nominasi, Sumedang-kah?

KEDIRI

Ternyata pelopor industri tahu Kediri adalah Lauw Soe Hoek atau hingga kini lebih dikenal sebagai mBah Kacung. Ia mulai merintis usaha tahu sejak 1912 (tau ga’ sih, Trans7) dan itulah tahun pertama masuknya tahu ke Indonesia. Saat ini usahanya telah diteruskan oleh cucunya Herman Budiono setelah putranya Yosef Seger Budisantoso (Lauw Sing Hian) meninggal bulan Mei 2008 lalu.

tahu sumedang

Perkembangan dunia tahu yang paling terdengar di telinga kita adalah tahu Sumedang. Bermula dari kreativitas yang dimiliki oleh istri Ongkino, yang memang semenjak awal sebagai orang yang pertama kali memiliki ide untuk memproduksi Tou Fu (dari Bahasa Tionghoa, Hokkian “tau hu”, yang berarti sama) yang lambat laun menjadi berubah nama menjadi “Tahu”.

Tahun demi tahun, Ongkino beserta istri tercinta terus menggeluti usaha mereka hingga sekitar tahun 1917 anak tunggal mereka Ong Bung Keng menyusul kedua orang tuanya ke tanah Sumedang. Bung Keng kemudian melanjutkan usaha kedua orang tuanya yang sampai keduanya memilih kembali ke tanah kelahiran mereka di Hokkian, Republik Rakyat Cina (http://id.wikipedia.org).

Itu dulu yaaa…. Mau mandi nih..

One thought on “Tahu Pertama di Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s