Eksotisme – Jalan Lintas Selatan

Ahad, 28 April 2013. Liburan kali ini sedikit memaksa, nyari tempat yang belum pernah kukunjungi walau berada satu kabupaten dengan rumahku. Laut dan Pantai, ya mungkin itu yang bisa kubanggakan, karena memang Pacitan terdapat di pinggir Samudra Hindia, yang spesial adalah jalan yang dibangun tepat di pinggir pantai. Seakan Beach Road-nya Singapore atau jalan ke Pantai Bells-nya Australia.

Ya, jalanan ini memang sengaja di bangun di pinggir pantai, membelah banyak bukit, dan menumpukinya dengan tanah lain. Jalanan di sudut timur kota Pacitan ini memang merupakan proyek Pemerintah Jawa Timur yang dinamakan Jalan Lintas Selatan. Jalan itu nantinya melintasi Kabupaten Banyuwangi, Jember, Lumajang, Malang, Blitar, Tulungagung, Trenggalek, dan Pacitan. Proyek JLS hingga selesai membutuhkan anggaran sekitar Rp 5 triliun (http://www.tempo.co).

Berangkat dari rumah sekitar jam 9 pagi, kami (aku, ibuku, dan keluarga kakakku) langsung menuju TKP. Pantai pertama yang menyapa dengan hangat kami, adalah pantai Soge. Pantai ini membentang lumayan panjang dan yang menarik ternyata dulu daerah ini adalah daerah pedalaman. Tak ada penghuni dan kebanyakan adalah hutan.

Pantai Soge - PacitanSejenak kami berfoto, perjalanan kami teruskan. Belum ada lima menit aku sudah dikejutkan dengan jembatan unik yang terbangun dengan warna bangunan pengaitnya ungu. Namanya adalah jembatan Soge. Di bawah jembatan ini mengalir air dari pegunungan menuju pantai Soge itu. Banyak yang berjualan di pinggir jembatan itu, banyak juga muda-mudi yang sedang menikmati pemandangan, sambil bersantai.Jembatan Soge - Pacitan

Jembatan Soge - Pacitan 2Lanjut, kami ke Pantai Taman. Pantai ini terletak kurang lebih 300 meter dari Pantai Soge. Saat kami dating di sana, pantai ini sudah terkesan di “atur” karena sudah banyak gazebo yang terbangun. Peraturan di pantai ini adalah setiap orang tidak boleh berenang di air laut tersebut karena memang ombaknya sangat besar. Saya mencoba bertanya kepada penjual es degan di sini mengenai keberadaan tempat ini sebelumya, beliau menyebutkan bahwa memang dulu tempat ini tidak berpenghuni, hanya hutan dan pantai, tanah yang membatasi pantai dengan daratan ini juga hasil timbunan dari pengambilan material pengerjaan jalan lintas selatan.

pantai taman - pacitanSeusai minum es degan di Pantai Taman, kami mencari tempat makan yang (agak lebai) mendukung selera makan kami. Sengaja kami kembali ke daerah Pantai Soge untuk mencari tempat makan yang enak dan kami menemukannya. Terletak di pinggir pantai dengan view menarik, kami mencoba menikmatinya.

Pantai Soge - Pacitan 2Setelah makan, sejenak istirahat dan kami meneruskan perjalanan ke TPI (Tempat Pelelangan Ikan) ahhhh.. saya lupa namanya. Ibuku membeli ikan untuk dimasak sendri dan buat oleh-oleh tetanggaku. Eh, perjalanan kali ini cukup sekian ya… Disambung lagi di road selanjutnya.

Tempat Pelelangan Ikan PacitanTempat Pelelangan Ikan Pacitan 2

2 thoughts on “Eksotisme – Jalan Lintas Selatan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s