WISUDAku SETAHUN LALU

WISUDA UMS

Wisuda, banyak yang terisi di sela antara pendaftaran kuliah dan wisuda. Tinggal bagaimana dengan mengisinya, ada yang kupu-kupu (kuliah pulang kuliah pulang), ada juga yang dengan kesadarannya bekerja membantu penghidupanya, atau menekuni dunia aktivis, entah organisasi keagamaan ataupun plural yang lain. Hah, 1 tahun sudah ku meninggalkannya, saat itu rektor kampusku bertepuk tangan atas penutupan pidatoku. Kuselipkan kata-kata menarik dan bersemangat di pengharapan paragraf akhir.

“Semoga gelar ini tak menjadikan kami sombong, menge-judge keburukan-keburukan orang lain yang belum tentu diri kami bersih. Jadilah kami manusia-manusia sarjana yang menjadikan bangsa ini bangga mempunyai kami. Keredahan hati yang selalu tertanam di semua penjuru kami pijakkan kaki ini. Dan yang terpenting, mari berikhar bahwa sarjana ini bukan menjadikan kami korup terhadap bangsa ini.”

Mungkin memang harusnya demikian, kalo kita menelusur beberapa catatan orang-orang ternama di Indonesia, mereka seakan lupa tanggung jawab saat mereka terlihat buruk di mata masyarakat. Caranya memaknai musibah itu menunjukkan bagaimana dirinya, ada yang mumpet dari pengejaran polisi tapi ada yang dengan berbesar hati mengaku kesalahan atas sebuah pembunuhan. Eitzz, malah nglantur

Sedikit ku paste kan pidato pak rektor nih, dalam sambutannya mengatakan gelar akademik merupakan salah satu bentuk amanah yang harus diamalkan untuk kesejahteraan umat. Untuk beramal diperlukan semangat, kerja keras, ketulusan, keikhlasan dan keteguhan hati.

Posting ini sebenernya mau kutampilkan naskah pidatoku saat wisuda setahun yang lalu, mungkin bisa dipakai oleh yang lain, tapi sudah tiada. Laptopku masih dipinjam orang, dan sampai sekarang belum dikembalikan. Mungkin next time, kalau sudah kembali saya post deh. Siapa tau dari kalian, ada yang ditunjuk universitas suruh pidato di acara wisuda.

Selamat pagi… Selamat ber-MEI-ria.

One thought on “WISUDAku SETAHUN LALU

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s