Nyalakan lilin, lakukan sesuatu.

lilin

Akhir-akhir ini banyak sekali pengguna jejaring sosial menghujat berbagai hal, entah keputusan pemerintah maupun kabijakan publik lainnya yang menurut mereka mengesampingkan kepentingannya, mengerdilkan dirinya, ataupun yang lain. Sampai mahasiswa, yang sebenarnya adalah kaum intelektual yang membara semangatnya menjadikan bangsa ini maju pun banyak yang berpikiran sama seperti mereka para penghujat dan pemrotes.

Bukan hak saya untuk memberi nilai, ini salah ataupun sebaliknya. Sekarang mari berpikir logis, saya teringat beberapa waktu yang lalu saat menghadiri sebuah kegiatan kampus semacam open house milik Jokowi. Mahasiswa diharapkan memberikan kritik dan saran untuk prodi-nya. Dan dari 100% kritik dan saran yang masuk hanya kurang dari 10% yang memberikan ide-ide nya untuk memajukan instansi yang sedang membesarkannya saat ini. Memang harapan yang diterima adalah koreksi semua yang telah dilakukan sebuah instansi apakah sampai dan menguntungkan pengguna atau sebaliknya tapi mmenurut saya akan lebih baik jika setiap pengguna punya pemikiran-pemikiran out of the box mengenai instansi tersebut.

Katakanlah Anis Baswedan, founder Indonesia Mengajar ini mempunyia slogan,

Ini negeri besar dan akan lebih besar. Sekedar mengeluh dan mengecam kegelapan tidak akan mengubah apapun. Nyalakan lilin, lakukan sesuatu.

Jika kita analogikan slogan tersebut ke dunia mahasiswa, percayalah bahwa kita adalah orang-orang intelek pilihan negeri ini yang dikembangkan untuk mengelola hal-hal “aneh” seperti itu. Bukan menjadikannya tambah buruk dengan menghujatnya.

Bukan tidak setuju dengan yang sering mengajukan protes, bahkan perusahaan ternama UNILEVER pun memberikan fasilitas Suara Konsumen Gratis dan mungkin dari yang gratis itulah seluruh konsumen bisa memberikan saran dan kritik mereka karena pada dasarnya munculnya ide mahal itu juga karena protes yang ada dalam pikir dan rasa, ada yang dimuntahkan begitu saja ada juga yang dicerna hingga menghasilkannya nutrisi yang menjadikan sebuah ide brilian.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s